Selasa, 21 Juli 2009

Geologi Dalam Alquran

1. QS An-Naml ( 27:88) ( the dynamic of earth)
"Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan".

2. QS Faathir (37:27) (ayat ini penafsirannya apa ya..?? .., garis putih dan merah, dan hitam pekat maksudnya apa ? apakah itu deliniasi atas quartz veins yang berpotensi terhadap kandungan mineral sulphide berupa emas,perak or tembaga?? Huaa…Jujur saja kalo ada yang bisa menjelaskan fenomena ini saya sangat senang sekali..).
HANYA ORANG-ORANG YANG BERPENGETAHUANLAH YANG SEBENAR-BENARNYA TAKUT KEPADA ALLAH
"Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat".

3. QS An Nahl (16:15)
"Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk".

4. QS Luqman (31:10) ( inner composition of earth, magma chamber)
"Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik".

5. QS Al Mursalaat (77:27) ( mountain spring water)
"dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar?"

6. QS Yunus (10:24) ( Geological hazards; volcano eruptions, floods)
"Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dan langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya[683], dan pemilik-permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasasinya[684], tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang berfikir".

7. QS Al Haaqqah (69:14) ( tectonic activity?)
"dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur".

8. QS Thaahaa (related to the previous ayat in no.7- 20:106)
"maka Dia akan menjadikan (bekas) gunung-gunung itu datar sama sekali."

9. QS Luqman (31: 32) TSUNAMI ???
"Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus[1186]. Dan tidak ada yang mengingkari ayat- ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar".

10. QS Ath Thuur (52:6) (sub marine volcano)
"dan laut yang di dalam tanahnya ada api."
Dari cerita dan sejarah ayat – ayat alquran diatas sebenernya cukup menjadi dasar pijakan kita bahwa alquran adalah benar – benar wahyu dan firman yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang ummi. Kita sebagai muslim wajib mengimaninya, baik dengan iman islam kita dan akal kita.Bagi sebagian non-muslim yang percaya akan kemurnian objectivitas dan bersikap fair maka dengan mudah mereka menerima ayat – ayat Allah tersebut. Bukankah dalam tradisi ilmu pengetahuan kita selalu menghargai apapun itu selama ada buktinya dan bisa ditelusuri oleh methoda – methoda science yang selama ini para scientist percaya.Terlepas dari semua itu, mungkin dikarenakan kedengkian mereka ( orang orang diluar muslim, yang membenci islam secara sepihak dan tidak masuk akal) , kadang menutup mata sama sekali, sebelum mereka melihat dan menelusuri apa yang menjadi landasan orang – orang muslim yakni alquran, sebelum mereka mencerca habis – habisan seorang muslim.
Bahkan seorang muslim sendiri, termasuk didalamnya kasus saya sendiri, selalu melenakan alquran sebagai pedoman hidup. Maksudnya, kurang maksimal mengamalkan isi dan kandungan alquran seperti mengkaji ayat – ayat yang berhubungan dengan background ilmu saya yang seorang geologist. Walaupun beberapa diskusi ayat yang berlangsung diantara teman2 kebanyakan membahas masalah2 yang berhubungan dengan keimanan. Itu memang mutlak dilakukan, tapi sebagai insan professional yang bergerak dibidang science terutama nature science seperti geologi, pemahaman alquran dan ayat – ayatnya yang berhubungan dengan kejadian penciptaan langit dan bumi, gunung, sungai, laut dan kejadian2 yang berlangsung didalamnya akan menambah keimanan kita. Dan menambah keyakinan bahwa benar – benar bahwa Alquran adalah mukjizat yang paling besar kepada umat islam yang diturunkan melalu Nabi Muhammad SAW.
Jujur saja, kadang hal ini cukup terlupakan (Naudzubillah..semoga tidak terulang kembali). Kadang saya lebih khawatir untuk tidak membaca buku atau jurnal-jurnal ilmiah yang lebih up to date ketimbang mengkaji alquran. Memang sih, Alquran bukan buku science yang membuat hal – hal detail tentang perkembangan science. Beberapa ayat dalam alquran memang lebih banyak mengemukakan perumpaman dan pesan – pesan tersirat perlu dikaji lebih lanjut.
Satu ayat berbunyi “ dan semuanya itu adalah tanda – tanda bagi orang yang berfikir”. Dan satu ayat lagi :” dan kamu tidak akan bisa melintasi langit kecuali dengan ilmu pengetahuan..”. Ya..itu artinya, memang kita harus berfikir sendiri dan berusaha mencari tahu. Itu saja sudah cukup menjadi landasan dan motivasi kita dalam mencari ilmu. Bukankah kita lebih merasa bahagia, kalau keinginan kita belajar dilandasi dengan Alquran (saya juga percaya bahwa menuntut ilmu dan apapun ibadah yang kita lakukan,diniatkan untuk Allah dan sebagai wujud dari sebuah penghambaan kepadaNya..).
Saya percaya juga sebagian dan banyak teman2 disini sudah mengetahui hakekatnya mencari ilmu, menuntut ilmu dan mencari tahu apa yang kita tidak tahu. Tapi tidak ada salahnya mereview kembali sekedar untuk merefresh..niat kita.
Hohoho..mari kita kembali ke Alquran.
“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dan meminta ampunan kepadaMu, atas ketidaktahuan ini, dan Berilah hambaMu ini pengertian dan pengetahuan yang cukup untuk memahami semua semua ayat-ayatMu menurut kemampuanku..”

source: afitchan.multiply.com

1 komentar:

Bang Jhen mengatakan...

siph...
keren artikelnya...

plis visit my blog www.bangjen.dagdigdug.com nad put on your blogroll ok! cz i've put your blog in my blogroll